kuliah di farmasi itu……

Kali ini, saya ingin bercerita tentang bagaimana bisa saya tersesat di fakultas farmasi yang saat saya masih duduk di bangku MAN, sama sekali tidak pernah membayangkannya. Mood booster saya kali ini, karena hari ini saya banyak sekali membaca tulisan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di milis mereka masing-masing. Memang, mereka bukan menulis tentang ketersesatan mereka. Lebih kepada bagaimana mereka tetap mempertahankan eksistensi almamater mereka. Tulisan-tulisan mereka banyak mengundang komentar-komentar yang akhirnya berujung kepada debat kusir yang sebenarnya beralih ke ‘kita sebagai mahasiswa Indonesia, jangan saling menyikut satu sama lain. Kita anak bangsa, seharusnya bersama-sama saling membantu untuk membangun negeri kita yang masih dipersulit dengan masalah-masalah internalnya. *tarik napas dalam

Yaaaahh, begitulah

Ok, mari beralih ke topik kita

ketersesatan di farmasi

kalau sudah menjadi siswa tingkat akhir di MAN, pasti dihadapkan dengan namanya “mau kuliah dimana? Fakultas apa? Yang ini atau yang itu? Bagusan mana ya??”

Hal kayak gini biasalah. Apalagi kalo lo dihadapin sama reality and dream. Gue banget ini pas masih MAN. Galaunya minta ampun. Pas gue buka-buka lagi, diary pas MAN, kayaknya semua universitas favorit mau gue tembak untuk jadi pilihan pas daftar ke universitas. Dan tujuan fakultasnya cuman satu, fakultas kedokteran. Yaaap. Gue dulu mikirnya, dokter itu adalah pekerjaan yang paling keren, tinggal buka praktek doang, selesai. Duit datangnya ga nanggung-nanggung. Apalagi kalo udah profesi, pakainya jas putih. Beeehhhh, tambah kerenlah keliatannya. Tapi, disisi lain gue nggak mikir kayak gitu-gitu aja sih. Banyak hal mulia lain yang pengen gue lakuin pas jadi dokter. Tapi, nasib oh nasib. Gue nggak berjodoh sama fakultas tersebut. Gue malah milih farmasi. Fakultas yang sama sekali ga pernah gue bayangin pas masih MAN. Tapi yaaa, gue bersyukur loh bisa masuk farmasi. Kenapa?????

Ok, kalo misalnya gue masuk ke FK, gue bisa bayangin pasti kalo ditanya “jadi, fakultas apa nis sekarang??” “FK” pasti jawabnya dengan senyum bangga. Bahagia banget. Sekarang, gue mikir kalo Allah itu sayang banget buat gue. Allah takut ntar guenya jadi sombong kalo masuk FK. Niat-niat gue yang awalnya ga mau menyombongkan diri, walhasil?? Secara nggak langsung dong. Hehe

Dulu pas masih MAN, gue juga pengeeeeeen banget lanjut kuliah ke luar negeri. Di sekolahan gue dulu banyak banget tawaran beasiswa dari dalam juga luar negeri. Gue nggak mau menyia-nyiakan kesempatan dong. Semua tawaran, gue apply. Daftar online di labkom, ngurus berkas sana-sini. Yaaah, begitulah. Semua butuh perjuangan dan tekad. Yaah, tekad yang kuat. Sesungguhnya, pas gue apply semua beasiswa-beasiswa itu, gue sama sekali nggak punya tekad yang kuat. Hanya bermodal, coba. Siapa tahu, ini lucky gue. Haha. Dasaaar.

Mengenai kuliah di farmasi, mengenai ketersesatan gue disini. Banyak hal-hal yang bagi kita sekarang ini berat banget untuk dilalui, tapi ketika diingat kembali kesulitan-kesulitan itu ternyata lucu juga. Kita seperti sedang mentertawakan kepedihan kita. Mungkin itu bisa jadi salah satu pengingat bagi kita, bahwa kita sedang menjalani sebuah perjuangan yang sulit, namun bukan berarti tidak bisa dilalui. Yaah, itu yang gue alami di semester satu ini. Baru semester satu loh Nisaaaa. Awalnya, berat banget ngejalanin hari-hari di farmasi. Kuliah, praktikum, respon, buku tugas pendahuluan, menulis laporan, diskusi, dkk. Kayaknya, rutinitas-rutinitas itu sama dengan semua mahasiswa fakultas farmasi di seluruh universitas. Tapi, pas udah selesai ujian, khs udah muncul di portal. Waaaahh, rasanyaa. Akhirnya, bisa dilalui juga. gue mikirnya, gue nggak sendiri disini. Banyak teman-teman gue yang kuliah di farmasi lebih menderita dari gue. Ada yang uang kuliahnya harus bayar mahal. Ada yang sampe 10jt/smstr. Tapi ada juga loh yang gratis kuliah disini, bahkan ada uang saku juga. waaah, asik banget dah.

Sekarang masuk semester 2. Perjuangan semester 1 belum ada apa-apanya. Dari semua milis anak farmasi yang udah pernah gue baca, nggak ada satupun yang merasa kalo kuliah di farmasi itu nyantainya luar biasa. Gue kadang iri sama anak-anak fakultas lain. Yang kalo weekend bisa jalan-jalan ke mall, bercanda di kantin sampe berapa jam, di perpustakaan bisa tidur nyenyak. Gue juga merasa, udah menyia-nyiakan masa muda gue. Tapi, inilah proses. Nggak ada dong, orang yang berhasil tapi gak dikerasin dulu. Maksudnya, usahanya itu yaaa gitu-gitu aja. Dan beginilah mahasiswa. Jangan mau diatur sama sistem. Kalo ada yang menurut lo nggak sama dengan idealisme lo, ya ubah. Ok, mahasiswa farmasi emang jarang banget bisa keluyuran ke mall. Tapi, mahasiswa emang tempatnya bukan di mall kan? Seharusnya, mahasiswa itu bisa menyempatkan waktu luangnya untuk berorganisasi. Mengasah softskillnya. Jangan sampai, ketika mereka terjun ke masyarakat, mereka menjadi manusia yang kaku, tidak fleksibel. Oleh karena itu, gue udah berencana dari sekarang, untuk jadi mahasiswa yang gak kupu-kupu(kuliah-pulang-kuliah-pulang). Rugi bangetlah kalo jadi mahasiswa tipe ini. Dan gue tersadarkan, bukan gue nggak punya banyak waktu untuk jalan-jalan ngabisin duit ortu yang disebut masa muda gue tersia-siakan. Malah, ketika gue nggak banyak ngehasilin sesuatu buat masyarakat at least diri gue sendiri dengan mengexplore semua yang gue punya itulah yang disebut masa muda yang tersia-siakan.

Semester dua, menurut kebanyakan senior-senior yang sudah melaluinya adalah bloody semester. lo bisa aja ngesot buat ngejalanin semester itu. Dan itulah gunanya teman-teman seangkatan kita buat bantu kita berdiri, berjalan bersama. Di universitas gue, sangat diharamkan untuk solkar (solo karir). Jadi, maksudnya dia mau menang sendiri. Apa-apa dikerjain sendiri. Bisa-bisa mahasiswa tipe ini akan hengkang dengan sendirinya dari farmasi. Disinilah, gue baru bisa belajar tentang kesolidaritasan yang sebenarnya. Dimana kita dibentuk untuk saling memiliki rasa kebersamaan, integrasi, simpati untuk mencapai kepentingan bersama.

Ok, semangat semester duah !!!!!!!!!!!!!!!

Nikmati semua proses

🙂🙂🙂

What's on your mind?

